Apa itu KOMAT?



KOMAT adalah singkatan dari Koperasi Iqomat Amanat Umat yg menjadi nama resmi koperasi. Untuk memudahkan layanan kepada anggotanya, maka dibuatlah sebuah aplikasi bernama eKOMAT yang berfungsi sebagai Koperasi Digital.

Secara kelembagaan, payung hukum KOMAT adalah berbentuk koperasi primer nasional. Didirikan oleh 29 orang pendiri pada hari Sabtu, tanggal 30 Desember 2017, bertempat di Ruang Khalid Bin Walid, Masjid Darussalam, Kota Wisata, Cibubur. 

Akta Pendirian KOMAT ditandatangani oleh Notaris Irmawaty Habie, S.H. nomor 02 tanggal 29 Januari 2018 dan disahkan oleh pejabat a.n. Menteri Koperasi dan UKM, Deputi Bidang Kelembagaan, yaitu Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc. pada tanggal 15 Februari 2018 dengan no. SK 007378/BH/M.KUKM/9/II/2018. 

KOMAT adalah jenis koperasi digital, yang secara konsepsional merupakan wadah bagi kegiatan ekonomi berjamaah, dengan spirit 212, dan berdasarkan prinsip syariah, amanah, transparan, akuntabel dan profesional. 


Secara maknawi, KOMAT merujuk pada pengertian populer dari istilah QOMAT atau IQOMAT. Yakni, sebuah seruan bagi umat Islam untuk bersiap-siap bangkit, merapihkan barisan saat hendak sholat berjamaah. 

Dalam konteks ini, berarti bangkit untuk berjamaah secara ekonomi sebagai spirit utama dalam koperasi KOMAT. KOMAT pun bisa bermakna kependekan dari KOMANDO UMAT, sebuah terminologi yang merujuk pada para pejuang umat dalam satu barisan yg rapih, terorganisir dan disiplin tinggi.

Informasi selanjutnya tentang KOMAT klik Sekilas KOMAT

Komentar

Postingan Populer